JPEG or PNG? Format Gambar Yang Tepat Membuat Website Kamu Lebih Cepat.

Ketika kamu harus memilih menyimpan gambar sebagai JPEG atau PNG, jadi hal penting jika kamu membangun situs web. Benar itu pasti penting karena jika kamu salah memilih ini akan berpengaruh nantinya situsweb akan menjadi lamban, gambar terlihat kabur, bukannya tajam dan bersih.

Mari kita bahas tentang format gambar untuk situs web, karena untuk format gambar situs web kamu itu sangat penting.

Kamu ingin menyimpannya sebagai file JPEG dan untuk graphic dan screenshots yang kamu menyimpannya dengan file PNG. Sekarang perkiraanny, jika kamu membukanya dengan phothoshop lalu kamu membuka gambar yang sama dengan JPEG atau PNG tentu kamu tidak akan lihat perbedaan yang berarti.

Pada file video kita tidak dapat memperlakukan hal yang sama, terutama pada video yang telah beberapa kali kompresi, perbedaannnya akan jelas terlihat.

Namun ini tentang kecepatan di situs web, kita ingin menyimpan file sekecil mungkin sehingga halaman bisa kita load secepat mungkin. Umumnya file gambar mempunyai file besar pada halaman web sehingga semua gambar yang kamu unggah ke situs web harus dikompresi terlebih dahulu.

Maka dari itu dalam hal kompresi ada perbedaan antara JPEG dan PNG. Coba kita lihat, apabila gambar kita simpan sebagai JPEG dan terkompresi maka hasilnya adalah kita akan mendapatkan data ukuran file jauh lebih kecil dan foto itu masih terlihat bagus.

Untuk mengunggah/upload, jika kita menerapkan hal yang sama ketika kita memilih gambar PNG maka itu adalah pilihan yang salah. Hasil kompresi gambar PNG tidak terlihat sama bagusnya dengan kompresi JPEG dan ukurannya jauh lebih besar.

Ukurannya jauh lebih besar dan hasil yang tidak baik dan akan membuat situs web lebih lambat.

Namun begitu berbeda dengan graphic, jadi kita punya graphic dengan beberapa gambar garis atau teks lalu kita simpan sebagai PNG dan kompres maka gambar masih terlihat jernih dan ukuran file lebih kecil jika kita simpan, berbeda hasil jika kita simpan sebagai kompresi JPEG terlihat jelek.

Sedikit mengenai kompresi, dimana kompresi JPEG bekerja denganbcara mengumpulkan beberapa piksel dan mengaburkan garis pixel di sana-sini pada gambar. Jika kamu ingin menampilkan gambar garis dan teks yang dapat di baca, maka tidak disarankan untuk memakai file JPEG. Pada situs web kamu untuk foto – foto simpanlah file dengan type JPEG, namun jika kamu ingin memiliki gambar graphic tampil di halaman situ web kamu maka harus memakai file PNG.

Kelebihan masing – masing yang dimiliki PNG atas JPEG adalah

PNG dapat memberikan area transparan, contohnya sebuah situs web ingin menampilkan foto pahlawan maka latar belakang gambar tersebut dapat di hilangkan, meskipun ini sebuah file foto karena kamu membutuhkan transparansi maka harus disimpan sebagai PNG.

JPEG dapat mengaburkan graphic, ketika kita mengambil screenshots atau cuplikan gambar kemudian ingin menampilkannya di situs web, atau file gambar yang tidak membutuhkan detailyang tajam. Maka kamu cukup menyimpannya sebagai JPEG

Situs web kamu akan terlihat bagus apabila menggunakan aturan untuk format gambar tadi. Itulah sebab mengapa kamu harus cermat memilih salah satunya, demi performa website yang baik.

Semoga ini bermanfaat…kawan, Salam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *